Channel 12

Berita, Politik, Tragedi, Hiburan, Kata Mutiara, Buku, Sport, kuliner, Gaya, Desain, Busana, Jawaban.

Channel 12

Informasih terbaru

KLAIM TANAH DESA, OKNUM POLISI DIDEMO WARGA







Lamongan- Puluhan warga Desa Pajangan Kecamantan Sukodadi  berunjuk rasa di tanggul persawahan menuntut agar proyek saluran irigasi yang di hentikan oleh oknum polisi  Aipda Subani Kanit Provos yang mengkalimtanha itu miliknya segara dilanjutkan untuk kepentintan petani, Kamis (29/11/2012).

Sebagian tanah disaluran untuk irigasi yang sedang dinormalisasi itu diklaim milik keluarga Subani dengan luas 1.840 meter persegi .  Tetapi menurut data desa milik Subani hanya seluas  seluas  1.500 meter persegi ,  sementara  340 meter persegi tanh milik negara itu diakui miliknya hingga  menghambat pengerukan untuk kepentingan  irigasi.

Saat pengukuran yang disaksikan propam, muspika, Dinas pengairan dan perangkat desa, Kamis (29/11/2012)  diwarnai penolakan oleh keluarga Subani. Menurut Laili adik subani  tanah 1.840 meter persegi  itu milik bapaknya.” Kami hanya  menunut hak ,”ungkapnya.

Massa juga membentang kertas rentang  dengan berbagai tuntutannya. Bahkan saat pengukuran itu terjadi  ketegangan  antara  warga desa dan keluarga Subani namun  berhasil  diredam setelah Kanit reskim Aiptu Sofyan datang menengahinya.”Pengerukan saluran irigasi harus tetap berjalan karena kebutuhan warga, bila saudara Subani merasa tanahnya diambil oleh  warga untuk irigasi desa maka bukti hak milik dan data desa kita selesaikan di pertanahan” tegasnya.

Sementara itu menurut Kades Pajangan,  Baidowi karena ada masalah pengerjaan proyek tidak selesai sesuai target.”Karena  ada tanah yang akan kita keruk diklaim milik keluarga pak Subani. Sehingga program saluran irigasi sempat terhambat,”ungkapnya.

 Untuk sementara dicapai kata  kesepakatan antara keluarga Subani dengan desa dan   pekerjaan  proyek tetap dilanjutkan  untuk kepentingan  petani  warga Desa Pajangan. Ironisnya Keluarga Subani tak mempunyai sertifikat resmi tentang tanah sengketa itu. Massa yang turut serta ramai – ramai beraksi dilokasi akhirnya menyudahi aksinya, setelah ada jaminan pembangunan irigasi bisa dilanjutkan. (Fai)

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Channel 12 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger