Channel 12

Berita, Politik, Tragedi, Hiburan, Kata Mutiara, Buku, Sport, kuliner, Gaya, Desain, Busana, Jawaban.

Channel 12

Informasih terbaru

AKIBAT CUACA EKSTRIM, RATUSAN NELAYAN BERHENTI MELAUT






Lamongan – Sejak sepekan terakhir, kondisi gelombang besar yang terjadi di laut jawa tepatnya Pantai Utara Lamongan, membuat ratusan Nelayan Desa Kranji, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan (16/1/2013).

Sejak Kementerian Perhubungan kembali mengeluarkan Maklumat Pelayaran (Mapel) larangan berlayar untuk semua kapal cuaca ekstrim yang mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi hampir di seluruh perairan Indonesia. Dalam Maklumat Pelayaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor 15/I/DN-2013 tanggal 14 Januari 2013 tersebut menginstruksikan kepada segenap jajarannya di daerah agar menunda pemberian Surat Persetujuan Berlayar (SPB) bagi kapal-kapal yang akan melakukan pelayaran.

Sehingga para nelayan terpaksa berhenti melaut dan memilih kapalnya untuk di tambat di bibir pantai, demi menghindari terjangan gelombang besar saat melaut, sebab gelombang tinggi di perairan laut jawa mencapai 6-7 meter.

Menurut salah satu nelayan Subroto (42). “Untuk mengisi aktifitas saat ini para nelayan hanya memperbaiki jaring-jaring yang rusak serta memperrbaiki mesin kapal” Ucapnya

Tidak hanya para nelayan tak bisa melaut tetapi imbasnya perekonomian para nelayan lumpuh, sementara stok ikan hasil tangkapan nelayan di sejumlah tempat pelelangan ikan di Lamongan berkurang, meski stok ikan hasil tangkapan para nelayan berkurang.

“ Sejumlah pedang pun masih tetap berjualan tetapi dijual dengan harga yang mahal’ Kata Hj. Sunami

Menurut nelayan, cuaca exstrim atau buruk ini pertanda musim angin barat, hal ini bisa terjadi dan biasanya akan berlangsung selama kurang lebih satu hingga dua pecan. (Fai)

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Channel 12 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger