Channel 12

Berita, Politik, Tragedi, Hiburan, Kata Mutiara, Buku, Sport, kuliner, Gaya, Desain, Busana, Jawaban.

Channel 12

Informasih terbaru

panen raya semagka

LAMONGAN -28 Agustus 2012 - Panen raya semangka tengah berlangsung di Desa Maduran, Lamongan.. Produktivitas buah ini setempat mencapai puluhan ton. Pada saat yang sama harga jual relatif tinggi.
Tambur, 30, salah satu petani semangka warga Pucuk, mengungkapkan, budi daya semangka di lahan seluas 50 ubin miliknya mampu menghasilkan sekitar enam ton, dengan rata-rata berat per buah 5-6 kilogram. ”Rencananya mau dikirim ke Jakarta,” katanya.
Petani lain, Suwito, 50, menambahkan, menaman semangka di lahan pasir membutuhkan modal cukup besar. Biaya operasional paling banyak adalah menyiapkan lahan. Proses penyiraman harus dilakukan rutin setiap hari menjelang panen. ”Semangka lahan pasir rasanya manis. Jika tumbuh maksimal beratnya bisa mencapai 15 kilogram per buah,” jelasnya. Sedangkan Joyo Ragil Saputro, 45, penebas asal Bojonegoro, mengataka bahwa harga semangka di tingkat petani mencapai Rp 1.400 per kilogram. Harga itu temasuk baik, apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan. ”Biasanya, pada musim seperti ini harga berkisar Rp 700 - Rp 1.000 per  kilogram,” ujarnya.
Semangka dari Lamongan, kebanyakan dikirim ke Surabaya, Tuban, Bojonegoro dan Semarang. ”Petani semangka langganan saya mulai dari Srandil, Banyuwangi, sana,” ungkap Joyo yang mengaku menjadi penebas sejak 1980. Berdasarkan pantauan Channel 12, ratusan hektare lahan kini menghijau semangka, selain digunakan sebagai lahan tambak. Para petani juga ada yang menanam tanaman palawaija seperti terong, jagung, dan cabai. Namun, sebagian besar lahan digunakan untuk budi daya pepaya, melon, dan semangka. Ketiga komoditas ini menjadi andalan petaniPucuk,Lamongan.

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Channel 12 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger