Channel 12

Berita, Politik, Tragedi, Hiburan, Kata Mutiara, Buku, Sport, kuliner, Gaya, Desain, Busana, Jawaban.

Channel 12

Informasih terbaru

Tragedi


Tragedi Sampang
Butuh Ketegasan


Selasa, 28 Agustus 2012

KERUSUHAN di Sampang, Madura, penyerangan dan pembakaran rumah hingga menimbulkan korban tewas yang dialami warga Syiah, sungguh memprihatinkan. Tragedi di wilayah Jawa Timur itu pantas membuat siapa pun bertanya, ke mana saja aparat keamanan? Tidak berlebihan pula jika penyerangan yang dilakukan sesama warga namun berlainan kelompok itu dinilai sebagai kegagalan pemerintah melindungi rakyat.



Apa yang terjadi di Dusun Nanggernang, Desa Karang Gayam, Sampang, Madura, tidak bisa dianggap selesai, dengan alasan aparat kecolongan. Tidak boleh pula diakhiri hanya dengan membangun kembali rumah-rumah warga yang dibakar. Pemerintah harus menuntaskan pertikaian yang terjadi. Itu memang tidak mudah, tapi harus diupayakan jika tidak ingin peristiwa serupa terulang.
Seperti dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada pers usai memimpin rapat terbatas kabinet di Kantor Presiden, Senin (27/8) siang, kejadian Minggu (26/8) di Sampang harus disikapi penegak hukum dengan tegas dan adil. Tragedi yang berakibat tewasnya seorang warga Syiah itu harus diselesaikan tuntas.
Jangan sampai kejadian Sampang justru dimanfaatkan pihak tertentu, baik perseorangan maupun kelompok, menangguk di air keruh demi kepentingan mereka. Jangan beri peluang bagi siapa pun "menari" di atas penderitaan orang lain, termasuk mengadu domba atas nama agama.
Sudah menjadi kebiasaan di negeri ini, banyak orang merasa ahli, merasa berhak bicara, merasa perlu didengar atas suatu kasus, termasuk pertikaian antara masyarakat. Padahal sejatinya mereka memanfaatkan moment untuk menarik perhatian, atau dalam upaya memengaruhi opini masyarakat agar mendukung rencananya.
Karena itu, seperti diminta Presiden SBY, jajaran pemerintah-menteri terkait hingga aparat keamanan-wajib mengambil langkah cepat dan tepat. Kasus Sampang harus dihadapi dengan tegas dan adil, tanpa memolitisasi agama. Tegakkan hukum sebagaimana mestinya. Jatuhkan hukuman berat kepada yang melakukan kesalahan berat, jangan sampai ada yang lolos.
Apa yang terjadi di Sampang memang sangat kompleks. Jika penanganannya tidak tuntas, peristiwa itu dapat terulang, seperti terjadi di beberapa daerah lain. Jangan biarkan tragedi Sampang dimanfaatkan pihak mana pun untuk keuntungan mereka, dengan tetap "memelihara" terjadi pertikaian antar warga di wilayah tersebut.
Peran intelijen-baik yang ada di kepolisian maupun teritorial TNI-harus dimaksimalkan. Badan Itelijen Nasional (BIN) dituntut lebih mempertajam kemampuan terkait soal keamanan masyarakat. Intelijen dituntut memiliki kemampuan mendeteksi secara dini dan akurat, sehingga tragedi seperti di Sampang dan tempat-tempat lainnya dapat dicegah.
Yang lebih penting lagi, Presiden SBY harus memberi contoh kepada jajarannya di kabinet dan kepada para penegak hukum. Sesuatu yang berkaitan dengan nasib bangsa dan negara perlu dihadapi dengan penuh tanggung jawab dan tegas. Kecepatan bertindak sangat menentukan berhasil tidaknya suatu keinginan penyelesaian. Jangan mulai segala sesuatunya dengan keraguan.***

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Channel 12 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger